Pages

Friday 18 October 2013

Kandungan Gizi Pada Ikan



Sudah banyak diketahui jika ikan memiliki kandungan gizi yang tinggi dan baik bagi manusia. Seperti misalnya kandungan protein, vitamin, mineral dan lemak yang banyak dibutuhkan bagi tubuh. Berikut ini gambaran kandungan gizi yang ada pada ikan:

Protein

Ikan mengandung berbagai bentuk protein yang mendekati asam amino di dalam tubuh manusia. Komposisi asam amino protein ikan juga lebih lengkap dibanding makanan lain, salah satunya taurin, sangat bermanfaat merangsang pertumbuhan sel otak balita.

Protein ikan sangat mudah dicerna, sehingga baik bagi balita yang sistem pencernaannya belum sesempuna orang dewasa. Kandungan protein ikan lebih tinggi dari protein serealia pada kacang-kacangan, bahkan setara dengan daging.

Vitamin

Ikan memiliki beberapa jenis vitamin yang terkandung di dalamnya, seperti:
  • Vitamin A
Vitamin jenis ini banyak terdapat pada minyak hati ikan yang bermanfaat untuk mencegah kebutaan pada mata.
  • Vitamin B6
Vitamin jenis ini dapat membantu metabolisme asam amino dan lemak serta mencegah anemia dan kerusakan syaraf.
  • Vitamin B12
B12 bermanfaat dalam pembentukan sel-sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung dari kerusakan syaraf.
  • Vitamin D
Vitamin D selain terdapat dalam daging ikan, juga pada telur serta minyak hati ikan. Vitamin ini penting bagi pertumbuhan dan kekuatan tulang.

Mineral
Beberapa mineral yang terkandung di dalam ikan diantaranya:
  • Selenium
Selenium sangat berperan dalam membantu metabolisme tubuh dan sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas, antioksidan ini bisa mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti jantung koroner.
  • Flour
Berfungsi menguatkan serta menyehatkan gigi anak.
  • Yodium
Mineral ini mencegah terjadinya penyakit gondok serat hambatan pertumbuhan anak, bahkan juga kecerdasannya.
  • Zat besi
Mineral ini jauh lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan dengan sumber lain seperti serealia atau kacang-kacangan. Zat besi membantu mencegah terjadinya anemia.
  • Seng
Mineral ini membantu kerja enzim dan hormon.

Lemak

Beberapa ikan yang berasal dari laut dalam, seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel mengandung asam lemak yang tergabung dalam kelompok asam lemak omega 3.

Paling dominan dari kelompok ini adalah asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA). Keduanya bermanfaat dalam menurunkan kolesterol dalam darah dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak pada anak. 

Asam lemak ikan merupakan asam lemak essensial yang sifatnya tidak jenuh. Sehingga sangat bermanfaat untuk mempertahankan kesehatan tubuh dan menjaga kestabilan kadar kolesterol.

Mengetahui sebegitu besarnya kandungan baik pada ikan, sudah saatnya kita mulai membiasakan konsumsi ikan. Jika malas dengan bau amis dan duri, Anda bisa memulai dengan mengkonsumsi abon ikan, seperti abon ikan tuna atau abon ikan marlin.

No comments:

Post a Comment