Pages

Wednesday 6 November 2013

Proses Pembuatan Abon Ikan



Abon ikan bisa menjadi salah satu pilihan olahan jika Anda memiliki banyak ikan dan bingung mau diolah menjadi apa? Nah berikut ini sedikit gambaran proses pembuatan abon ikan yang bisa dicoba di rumah.

1.   Pemilihan bahan baku
Bahan yang digunakan untuk membuat abon ikan, usahakan adalah ikan yang masih segar dengan ukuran yang cukup besar, sehingga dagingnya lebih banyak dan didapatkan konversi yang lebih tinggi.

2.   Penyiangan ikan
Setelah didapatkan ikan dengan kualitas yang baik, segera masuk ke proses penyiangan/pembersihan ikan. Proses penyiangan ini bertujuan untuk membuang kulit, kotoran dan duri ikan sehingga hanya didapatkan daging ikan yang siap diolah. Cuci daging ikan hingga bersih, beri perasan jeruk lemon atau cuka untuk menghilangkan bau amis.

3.   Perebusan
Daging yang sudah bersih kemudian dikukus hingga daging ikan benar-benar matang.

4.   Pengepresan I
Daging yang sudah matang dimasukkan ke dalam mesin pres untuk melalui tahap pengepresan. Tahapan ini bertujuan untuk menghilangkan kandungan air dalam daging ikan.

5.   Pencabikan
Selanjutnya daging ikan dicabik-cabik, proses ini bisa menggunakan tangan dan bantuan garpu.

6.   Pemberian bumbu dan santan
Daging ikan yang telah dicabik-cabik dicampur dengan bumbu dan santan yang telah disiapkan sebelumnya.

7.   Penggorengan
Lakukan proses penggorengan ini hingga campuran daging ikan dan bumbu tadi mengering, pastikan warna dan tekstur abon ikan sesuai dengan yang dikehendaki.

8.   Pengepresan II
Abon ikan kemudian dipres sekali lagi untuk menghilangkan kandungan minyak.

9.   Pengemasan
Abon ikan yang telah kering siap untuk dikemas.

Saat ini sudah banyak teredia di pasaran berbagai jenis abon ikan seperti abon ikan tuna dan abon ikan marlin merk BENTEN.

No comments:

Post a Comment